Mengapa Menanam Secara Hidroponik Memakai Kain Flanel? Ini Jawabnya

Tips  
Kain Flanel, Fungsi kain flanel dalam hidroponik adalah sebagai sumbu kapiler untuk menghantarkan nutrisi yang ada dalam air sampai pada rockwool dalam netpot tempat tanaman.
Kain Flanel, Fungsi kain flanel dalam hidroponik adalah sebagai sumbu kapiler untuk menghantarkan nutrisi yang ada dalam air sampai pada rockwool dalam netpot tempat tanaman.

Kain flanel yang lembut biasanya banyak digunakan oleh para perajin cinderamata atau para siswa sekolah untuk membuat berbagai prakarya. Para petani hidroponik juga mengenal kain flanel tersebut yang akan digunakan sebagai media yang menyalurkan nutrisi yang sudah dilarutkan dalam air agar mencapai pada akar tumbuhan.

Kain flanel merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun. Kelebihan bahan ini karena memiliki daya kapiler yang bagus, sehingga mudah menyerap air, oleh karena itu flanel sangat cocok digunakan dalam sistem Hidroponik karena bisa mengantarkan nutrisi yang ada dalam larutan air hingga mencapai akar tanaman.

Dulu keberadaan kain flanel menjadi wajib untuk bisa berkebun tanpa tanah ini karena ukuran netpot saat itu masih terbatas yaitu netpot dengan panjang .. cm, sehingga dasar netpot belum menyentuh air yang ada di dasar gully atau paralon, maka diperlukan kapiler yaitu kain flanel yang akan menyerap air dari dasar gully/paralon sampai ke rockwool didalam netpot tempat tanaman berada.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun saat ini sistem hidroponik sudah berkembang, berbagai ukuran netpot sudah ada, ukuran panjang netpot yang bisa langsung menyentuh air dalam gully/paralon juga ada, sehingga bagi para pemain hidroponik profesional, penggunaan kain flanel adalah pilihan, artinya bisa memakai atau tidak. Intinya kain flanel berfungsi sebagai penghantar antara air nutrisi dan akar, jika kita bisa menjaga agar rockwool dalam netpot selalu dapat bersentuhan dengan air nutrisi maka tidak perlu lagi digunakan kain flanel.

Untuk hitungan bisnis penggunaan kain flanel juga menjadi tambahan biaya, jika dihitung satuan mungkin tidak seberapa namun dalam skala profesinal pasti akan menjadi satu pertimbangan. Disamping itu penggunaan kain flanel juga menjadi pekerjaan tersendiri yang cukup menguras tenaga.

Bagi para pemula atau skala hobby, sebaiknya menggunakan kain flanel agar mengetahui fungsi dan manfaat kain flanel. Harga flanel berfariasi, mulai dari Rp 200,- hingga Rp 400,- per peace ukuran 2 x 25 cm. Jika ingin lebih murah bisa beli kain flanel lembaran, untuk yang ini harus memotong sendiri sesuai kebutuhan.

Apakah kain flanel bisa digunakan lagi? Bisa Ya bisa juga tidak. Jika untuk belajar masih bisa dipergunakan dengan syarat kain flanel harus dibersihkan sampai bersih dari sisa-sisa akar yang menempel, lalu dicuci sampai bersih agar tidak ada lagi nutrisi yang terserap dalam kain flanel tersebut, setelah itu dikeringkan. Sumber www.legioma.com (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image