Kelebihan dan Kelemahan Sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT)

Hidroponik  
Budidaya tanaman secara hidroponik, sistem dft menjadi banyak pilihan
Budidaya tanaman secara hidroponik, sistem dft menjadi banyak pilihan

Hidroponik adalah salah satu cara budidaya menanam tanpa menggunakan tanah (soilles), sebagai gantinya memanfaatkan air yang telah dipenuhi dengan berbagai unsur hara yang diperlukan tanaman. Teknik hidroponik semakin maju bersamaan perkembangan zaman dan teknologi sehingga banyak bermunculan teknik dan cara berhidroponik, salah satunya adalah sistem Nutrient Film Technique (NFT).

Setiap metode pasti banyak kelebihan dan ada juga kelemahannya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik NFT.

A. Kelebihan sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT).

1. Lebih mudah dalam mengontrol kandungan pupuk. Sistim NFT jika distribusi air dimatikan dengan cara mematikan pompa airnya, maka 90% akan akan kembali ke bak tandon. Disaat itulah pengontrolan kandungan nutrisi dilakukan, dengan demikian semua tanaman akan mendapatkan pasokan nutrisi yang sama. Pengontrolan nutrisi bisa dilakukan dengan TDS meter yang akan menghasilkan nilai Part Per Million (PPM).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Info terkait : Cara menggunakan TDS meter

2. Hemat air. Tidak seperti sistem DFT, Sistem hidroponik NFT, tidak ada genangan air didalam instalasi. Air hanya mengalir tipis pada setiap instalasi, jika pompa dimatikan maka seluruh air dengan cepat akan kembali ke bak tandon.

3. Hemat nutrisi. Oleh karena sistem NFT hemat air, maka secara otomatis nutrisi yang diperlukan juga lebih sedikit untuk mencapai PPM tertentu.

4. Pertumbuhan tanaman lebih maksimal. Pada sistem NFT kebutuhan oksigen tanaman lebih maksimal, dengan suplay unsur hara yang juga tercukupi maka sistem pengakaran menjadi lebih optimal, maka pertumbuhan tanaman juga lebih cepat dan maksimal.

5. Kemungkinan pengendapan kotoran dalam instalasi kecil.

Sekali lagi pada sistem NFT tidak ada genangan, air terus mengalir tipis pada permukaan instalasi, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi endapan pada instalasi hidroponik.

Sayuran pokcoy ditanam secara hidroponik NFT
Sayuran pokcoy ditanam secara hidroponik NFT

Kekuranan sistem instalasi NFT

1. Tergantung pada pasokan listrik. Sistem hidroponik NFT air mengalir tipis pada instalasi, dan tidak ada genangan. Jika pasokan listrik mati, maka pompa air mati dan dengan cepat tanaman juga kekurangan pasokan nutrisi dan akan dihidrasi.

( Slamet Riyanto )

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menggabungkan Bak Air Tandon Nutrisi Hidroponik

Cara Memilih Bak Tandon Hidroponik

Menanam itu Ibadah dan Berpahala

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image