Tips Memilih Pupuk AB Mix Hidroponik

Tips  

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik tetap menarik perhatian, dan para pemulanya selalu bertambah dari tahun ke tahun terbukti lembaga pelatihan yang mengajarkan bercocok tanam tanpa tanah ini selalu ramai peminatnya.

Karena perkembangan teknologi informasi dan komputer, saat ini bagi pemula juga dimudahkan dengan belajar secara online dengan mengakses berbagai sosial media maupun web gudang informasi seperti wikipedia, youtube, dan lain-lain. Dan salah satu informasi yang sering dicari para pemula hidroponik adalah "Bagaimana cara memilih pupuk yang tepat?".

Berikut panduan bagaimana cara memilih pupuk hidroponik AB Mix yang tepat sesuai kebutuhan.

a. Pastikan pupuk yang akan digunakan sesuai dengan jenis tanamannya. Jika akan menanam jenis sayuran daun seperti lettuce, sawi-sawian, kangkung, bayam maka gunakan pupuk AB Mix vegetatif, periksa pada bungkus kemasan ada informasi "Pupuk untuk sayuran daun". Jika yang akan ditanam adalah sayuran buah, sepert cabai, melon, tomat, maka gunakan pupuk khusus generatif, periksa pada bungkus kemasan ada informasi "Pupuk untuk sayuran buah".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

b. Pupuk AB Mix yang sudah dicairkan warnanya aneka ragam, tidak ada yang salah. Para produsen pupuk AB Mix menggunakan bahan dasar yang berbeda. Mengutip dari www.hidroponikstore.com, bila warna cairan pupuk kehijau-hijauan, berarti memakai Librel BMX sebagai sumber pupuk mikronya. Ada juga yang berwarna kebiruan berarti memakai CuSO4 sebagai sumber pupuk tembaganya. Ada juga larutan AB Mix berwarna merah berarti sumber Fe memakai Fe HEEDTA. Dan jika berwarna kuning memakai Fe EDTA.

c. Pastikan pupuk AB Mix Hidroponik tidak menghasilkan endapan yang berlebihan, jika ini yang terjadi kemungkinan besar bahan baku yang digunakan tidak sesuai standard.

d. Cara memilih pupuk AB Mix yang paling mudah adalah meminta referensi kepada pengguna, para penghobi atau pengelola green house untuk skala industri.

Semoga bermanfaat (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image