Membuat Sendiri Alat Pencuci Netpot Hidroponik

Tips  
Alat pencuci netpot hidroponik, sederhana dengan hasil masksimal
Alat pencuci netpot hidroponik, sederhana dengan hasil masksimal

Pekerjaan paling membosankan para pecinta petani hidroponik adalah ketika pasca panen yaitu membersihkan instalasi dan mencuci netpot.

Tidak jarang para pecinta hidroponik putus asa dan membiarkan netpot yang belum dicuci berserakan dan akhirnya tidak bisa menanam lagi alias terbengkalai.

Sebagai inspirasi kepada para petani dan pecinta hidroponik, kami tayangkan alat untuk mencuci netpot hidroponik yang dibuat sendiri dengan peralatan yang mudah didapatkan baik di toko atau bisa memanfaatkan barang-barang dirumah yang sudah tidak terpakai lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Alat ini cukup efektif dan hasilnya cukup memuaskan, netpot bisa bersih dari lumut yang sudah mengerak.

Peralatan yang diperlukan

1. Mesin kipas angin, setiap rumah pasti memiliki kipas angin, dan sangat jarang mesin kipas angin rusak, biasanya yang terjadi adalah kekeringan atau kurang minyak pelicin pada as mesin.

2. Kepala bor mesin, alat ini bisa dibeli secara online, namun jika ingin lebih murah bisa mendatangi bengkel tempat service mesin bor, gerinda dan sejenisnya. Disana banyak peralatan ini yang sudah bekas namun masih bisa berfungsi sempurna.

3. Sikat pembersih, mudah didapatkan di tukang perabot rumah tangga atau ke toko

4. Saklar, alat ini untuk menghidupkan dan mematikan mesin, akan lebih bagus jika yang bisa untuk mengatur kecepatan seperti halnya saklar kipas angin.

5. Tiang penyangga, bisa menggunakan kayu atau bahan metal tergantung selera.

Silakan dicoba dirakit, dan semoga bisa menginspirasi agar pekerjaan mencuci netpot bisa menjadi lebih mudah. (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image