Panen Sayuran Hidroponik Pagertani Maharaja Depok untuk Bantu Warga Stanting

Urban Farming  
Ibu-ibu anggota kelompok tani Pagertani sedang melakukan panen sayuran sehat dan higienis yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Foto : Pagertani
Ibu-ibu anggota kelompok tani Pagertani sedang melakukan panen sayuran sehat dan higienis yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Foto : Pagertani

Urban Farming Pagertani Maharaja Depok Jawa Barat secara berkala panen sayuran hidroponik, panen kali ini tidak ada sayuran yang dijual namun digunakan untuk program penurunan kasus stanting di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat.

Pagertani Farm dikelola oleh sebuah kelompok tani (Poktan) bernama Pagertani di kawasan permukiman Perumahan Depok Maharaja, Depok Jawa Barat ini setiap bulan selalu panen sayuran segar yang dibudidayakan secara hidroponik. Setiap panen Pagertani selalu menyisihkan minimal 2,5% dari hasil panennya diperuntukkan kepada warga yang memang membutuhkan di wilayahnya kata Slamet Riyanto Ketua Poktan Pagertani.

Kepeduliannya Pagertani pada lingkungan dan masyarakat, panen kali ini (17 September 2023) Poktan bekerjasama dengan Posyandu Nanas RW 12 Depok Maharaja dalam rangka membantu memberikan sayuran segar berkualitas kepada warga di Kelurahan Rangkaan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat yang mengalami kasus stanting imbuhnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebenarnya panen kali ini tidak hanya sayuran saja tetapi juga panen ikan nila dan lele yang dibudidayakan di area Pagertani farm, namun hasil ikannya masih dikonsumsi sendiri. Pagi ini kami bisa sarapan bersama semua pengurus kelompok tani Pagertani dengan lauk ikan nila dan lele hasil dari kolam sendiri kata Slamet disela-sela kegiatan panen.

Panen sayuran yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik di Pagertani Farm Maharaja Depok Jawa Barat
Panen sayuran yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik di Pagertani Farm Maharaja Depok Jawa Barat

Sementara itu Niken Driningrum, koordinator bidang marketing Pagertani Maharaja menegaskan bahwa panen kali ini akan didedikasikan untuk program penurunan kasus stanting di wilayah Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat. Untuk mempermudah proses distribusinya Pagertani merangkul Posyandu Nanas yang ada diwilayahnya agar bisa mendapatkan data yang lebih lengkap dan tepat sasaran tambahnya.

Niken menambahkan bahwa kali ini Pagertani menyiapkan 128 pack sayuran segar dari hasil panen hidroponiknya yang diperuntukkan bagi keluarga yang memiliki balita yang mengalami kasus stanting di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat. Niken berharap agar kedepan Pagertani dapat semakin dapat berkontribusi dalam program penurunan kasus stanting di kelurahan Rangkapan Jaya Kota Depok.

Posyandu yang dirangkul Pagertani untuk distribusi sayuran bayam dan kangkung hidroponik meliputi Posyandu Anggur, Posyandu Belimbing, Posyandu Duku, Posyandu Durian, Posyandu Jambu, Posyandu Jeruk, Posyandu Kelengkeng, Posyandu Mangga, Posyandu Manggis, Posyandu Pepaya, Posyandu Pisang, Posyandu Rambutan, Posyandu Srikaya, dan Posyandu Straubery, semuanya ada di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok Jawa Barat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image