Empat Jenis Tanaman Hidroponik yang Tahan Hama Penyakit

Hidroponik  
Jenis tanaman kangkung umur 20 hari setelah tanam (HST) yang ditanam secara hidroponik siap dipanen
Jenis tanaman kangkung umur 20 hari setelah tanam (HST) yang ditanam secara hidroponik siap dipanen

Berkebun tanpa tanah atau sering disebut sebagai hidroponik saat ini menjadi gaya hidup para eksekutif dan profesional diperkotaan, apalagi pada masa pandemi covid-19 mereka banyak waktu luang dirumah yanga harus diisi dengan berbagai kesibukan salah satunya adalah melakukan urban farming dengan berkebun hidroponik.

Sebagian dari mereka minim pengalamn dalam hal tanam menanam, berbekal mesin pencari google kursus singkat gratis bisa dilakukan dan langsung praktik menjadi petani kota.

Keterbatasan waktu dan beda cara memperhatikan tanaman dibanding dengan petani tulen, terkadang bisa berujung putus asa karena gagal panen dan tidak seindah yang disaksikan pada berita di televisi maupun video youtube. Persoalan utama adalah hama dan cara memberikan nutrisi pada tanaman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bagi yang gemar berkebun dengan sistem hidroponik namun tidak banyak waktu untuk mengikuti proses pertumbuhan tanaman ada baiknya menanam tanaman yang mudah perawatannya namun tetap bisa menghasilkan sayuran segar yang bergisi.

Tanaman selada ditanam secara hidroponik
Tanaman selada ditanam secara hidroponik

Berikut Empat jenis tanaman sayuran yang ditanam secara hidroponik yang mudah perawatanya dan tidak digemari hama tanaman.

1. Kangkung.

Kangkung salah satu tanaman yang mudah tumbuh apalagi ditanam secara hidroponik. Jenis tanaman sayuran yang cocok dengan jumlah air yang banyak ini hampir tidak ada hama yang menyatroninya, bahkan cukup 19 hari setelah tanam (HST) kangkung yang kandungan zat besinya sangat tinggi ini sudah siap di tumis.

2. Bayam

Para ibu rumah tangga hampir dipastikan mengenal tanaman sayuran yang kaya dengan zat besi ini. Sayuran faforit ibu rumah tangga untuk si buah hati ini juga mudah ditanam secara hidroponik. Sifatnya yang mudah tumbuh, bayam juga tidak banyak disukai hama penyakit. Bahkan jika ditanam secara hidroponik daun bayam yang dihasilkan bisa lebih lebar dibanding yang ditanam di media tanah.

3. Selada.

Selada adalah salah satu lalapan pendamping ayam bakar tentu saja jangan lupa dicocol sambal untuk menyempurnakan cita rasanya. Selada juga salah satu tanaman sayuran yang bisa tumbuh di Indonesia. Dengan perawatan sederhana selada bisa tumbuh sempurna jika ditanam secara hidroponik. Dan yang lebih penting tanaman slada tidak banyak hama yang menyukainya.

4. Seledri

Seledri adalah salah satu tanaman sayuran penyedap yang cocok ditanam dengan sistem hidroponik. Tanaman seledri cocok bagi pecinta urban farming yang tidak banyak waktu untuk mengontrol tanaman. Hanya saja tanaman seledri memerlukan waktu agak lama untuk bisa dipanen, 70 hari HST seledri baru terlihat rimbun dan kesegarannya. Namun yang penting tanaman seledri tahan terhadap berbagai hama tanaman. Slamet Riyanto

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image