Bolehkan Menanam Berbagai Jenis Sayuran Dalam Satu Instalasi Hidroponik?

Urban Farming  
Dalam satu instalasi hidroponik ditanami tiga jenis tanaman yaitu slada, sawi, dan pokcoy. Perhatikan jenis pupuk yang digunakan
Dalam satu instalasi hidroponik ditanami tiga jenis tanaman yaitu slada, sawi, dan pokcoy. Perhatikan jenis pupuk yang digunakan

Para pecinta hidroponik memiliki instalasi hidroponik sendiri adalah suatu kebanggaan, apalagi bisa menghasilkan berbagai sayuran dengan kualitas sangat bagus menjadi idaman setiap orang.

Bagi masyarakat yang tinggal diperkotaan urban farming hidroponik menjadi salah satu pilihan bagi yang memiliki hobi menanam. Rumah tinggal diperkotaan rerata relatif terbatas ruang kosong dipekaranganya, memanfaatkan halaman depan rumah menjadi alternatif paling mudah untuk berkebun. Lantas bolehkah jika lahan terbatas namun ingin menanam banyak sayuran dalam satu instalasi hidroponik yang terbatas pula?

Rerata instalasi hidroponik skala kecil bisa memuat 25 sampai 100 lubang tanam, ini hanya memerlukan space sekitar 50 x 350 cm, atau 17.500 cm2 (1,75 m2), cocok bagi pengiat urban farming dengan memanfaatkan ruang kosong depan rumah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menaman berbagai jenis sayuran dalam satu instalasi hidroponik pada dasarnya bisa, namun ada beberap yang harus diperhatikan yaitu?

1. Jenisnya sama, maksudnya pilih salah satu sayuran daun atau sayuran buah saja, jangan digabung kedua jenis ini karena usia masa panennya jauh berbeda kedua jenis pupuknya juga berbeda karena jenis sayuran buah memerlukan pupuk AB Mix generatif, sedangkan sayuran daun cukup dengan pupuk AB Mix vegetatif.

2. Usahakan tanaman yang masa panennya hampir sama, misalnya jenis sayuran sawi-sawian seperti pokcoy, slada, sawi, kale, dan pagoda

3. Kangkung memiliki usia paling pendek (20 hari) lebih cocok disatukan dengan bayam yang sudah bisa dipanen pada usia 28 - 30 hari.

Selamat mencoba (Slamet Riyanto)

#Urban Farming

#Hidroponik

#Berbagai jenis sayuran dalam satu instalasi hidroponik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image