Apa yang Dimaksud dengan Aquaponik?

Urban Farming  
aquaponik, budidaya ikan dan menanam sayuran dalam satu tempat inilah contoh paling sederhana konsep aquaponik
aquaponik, budidaya ikan dan menanam sayuran dalam satu tempat inilah contoh paling sederhana konsep aquaponik

Ketika kami memberikan pelatihan hidroponik, sering kali ada pertanyaan dari para peserta yang sebernarnya isi pertanyaan itu tentang aquaponik. Pertanyaan yang paling populer adalah "Tanaman hidroponik saya tidak bisa sesubur yang sering saya lihat di internet", padahal setelah kami dalami ternyata sistem yang dimiliki dirumah adalah aquaponik. Memang ada beberapa kesamaan dan perbedaan antara sistem hidroponik dan aquaponik.

Jadi apa yang dimaksud dengan sistem aquaponik? Jika kita memiliki kolam ikan, kemudian air kolam tersebut agar lebih bermanfaat lagi dipompa dan dialirkan kedalam instalasi yang biasa digunakan dalam sistem hidroponik untuk menanam berbagai sayuran dan tanaman lainnya, ini adalah gambaran sederhana tentang aquaponik. Atau yang paling sederhana adalah kolam dan tanaman menjadi satu kesatuan tanpa harus memindahkan air ke tempat instlasi tanaman ini yang lebih dikenal dengan budidaya iklan dalam ember.

Jadi aquaponik merupakan gabungan antara budidaya ikan dan menanam tanaman dalam satu kesatuan. Simbiose dalam sistem aquaponik dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang dihasilkan dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi amoniak dan menjadi racun bagi ikan yang ada dikolam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kotoran ikan dalam kolam akan menghasilkan kandungan amoniak yang tinggi. Air yang banyak kandungan amoniak dipompa dan dialirkan ke instalasi tanaman, selanjutnya bakteri akan mengubah amoniak menjadi nitrogen yang banyak digunakan oleh tanaman. Selanjutnya tanaman sayuran akan mengekstrak nitrogen dalam air dan dikembalikan ke dalam kolam sudah aman untuk ikan. Begitulah proses ini akan berulang, tentu saja harus ada keseimbangan antara jumlah tanaman dan jumlah ikannya.

Sama halnya dengan hidroponik, aquaponik bisa untuk menanam berbagai tanaman sayuran seperti pokcoy, slada, kangkung, sawi, bayam, dan sayuran lainnya. Sedangkan jenis ikan yang disarankan adalah ikan lele atau nila.

Sistem aquaponik banyak diaplikasikan warga perkotaan karena bisa diterapkan untuk lahan terbatas namun sekligus bisa berkebun sekaligus budidaya iklan. (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image