Apakah Perbedaan dan Kesamaan Hidroponik dan Akuaponik

Urban Farming  

Pemula urban farming masih banyak yang belum bisa membedakan antara akuaponik dan hidroponik, sehingga sering kali ada kesalahan fatal salah satunya adalah air tandon hidroponik untuk memelihara ikan.

Konsep dasar hidroponik dan akuaponik sama yaitu menanam tanpa tanah (soiless) dengan media tanam air yang memanfaatkan lahan terbatas untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Sistem hidroponik tanaman lebih cepat tumbuhnya
Sistem hidroponik tanaman lebih cepat tumbuhnya

Masing-masing memiliki keunggulan dan tingkat kesulitan, ada baiknya sebelum memilih sistem yang paling cocok perlu dipelajari dan dicoba terlebih dahulu dengan skala kecil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perhatikan beberapa kesamaan dan perbedaan aquaponik dan hidroponik dibawah ini.
Kesamaan hidroponik dan Aquaponik

1. Aquaponik dan hidroponik sama-sama menanam dengan menggunakan air sebagai media tanam.

Perbedaan hidroponik dan Akuaponik

1. Akuaponik merupakan kolaborasi dua budidaya yaitu budidaya ikan dan budidaya tanaman yang terintegrasi menjadi satu kesatuan, sedangkan hidroponik hanya untuk budidaya tanaman (hidroculture).

2. Tanaman akuaponik mengandalkan nutrisi dari hasil kotoran ikan dalam kolam dan dikembalikan ke dalam kolam sudah aman untuk ikan. Sedangkan tanaman dalam sistem hidroponik seluruh kebutuhan nutrisi sudah tersedia dalam air yang berfungsi sebagai media tanam.

3. Tanaman akuaponik pertumbuhannya tidak secepat hidroponik karena kebutuhan nutrisinya terbatas dari kotoran ikan. Sedangkan tanaman hidroponik pertumbuhannya lebih cepat karena semua kebutuhan nutrisi sudah tersedia pada media tanam yang berupa air.

4. Sistem akuaponik harus menyeimbangkan tiga makhluk hidup yaitu tanaman, ikan, dan bakteri agar sinergi sehingga semua tetap tumbuh dengan baik. Sedangkan sistem hidroponik hanya fokus pada tanaman.

5. Pada sistem aquaponik, apabila ada hama maka penanganannya harus memperhatikan kehidupan yang lain, misalnya ada hama pada tanaman maka penanganannya harus memperhatikan keberadaan dan kelangsungan hidup ikan dan bakteri. Pada sistem hidroponik jika ada hama lebih mudah ditangani karena hanya fokus pada tanaman saja, bahkan pada sistem hidroponik jarang sekali ada hama karena seluruhnya ditangani secara steril. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image