3 Hama Hidroponik yang Harus Diketahui Para Pelaku Urban Farming Hidroponik

Hidroponik  
Belalang, salah satu hama sayuran hidroponik yang sangat rakus, dalam sekejap bisa menghabiskan sehelai daun
Belalang, salah satu hama sayuran hidroponik yang sangat rakus, dalam sekejap bisa menghabiskan sehelai daun

Pelaku urban farming hidroponik wajib mengenal beberapa jenis hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman, disamping itu juga harus tahu cara menghilangkannya.

Pada dasarnya hama itu adalah makhluk hidup yang sedang mencari makan untuk kelangsungan hidupnya dengan cara memakan daun atau bagian dari tanaman hidroponik yang kita tanam.

Ulat, pemakan daun yang dahsyad
Ulat, pemakan daun yang dahsyad

Sebagai petani hidroponik wajib mengetahui hewan apa saja yang memakan tanaman hidroponik sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman, dan yang terpenting tahu bagaimana cara menghilangkannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aada 3 jenis hama tanaman hidroponik yang wajib diketahui.
1. Belalang.

Belalang dikenal sebagai salah satu serangga pemakan daun yang sangat rakus. Belalang dewasa mampu memakan habis satu lembar daun sawi hanya dalam waktu singkat. Belalang hidup secara berkelompok, begitu pula ketika menyerang (memakan) daun akan datang secara berkelompok.

2. Ulat.

Hampir disetiap tempat ada tumbuhan, dipastikan ada ulat. Ulat paling suka memakan daun, bahkan ada ulat yang sangat rakus, mampu menghabiskan daun hanya dalam waktu singkat.

3. Penggerek Daun.

Hama penggerek daun dikenal juga dengan nama leaf miner, dari spesies lalat. Cara kerja lalat ini adalah dengan meletakkan telur di bagian daun. Setelah telur menetas akan berubah menjadi larva, selanjutnya larva akan masuk ke dalam jaringan daun. Akibat yang nampak adalah pada permukaan daun akan tampak bercak berwarna putih atau keperakan di atas permukaan daun. Larva terus menggerek keseluruh daun, dan akibatnya proses fotosintesis terganggu dan pertumbuhan tanaman juga terganggu.

Ketiga jenis hama ini semuanya berbasis pada serangga, sehingga untuk mengatasinya kebun hidroponik harus dilindungi secara fisik dari serangan serangga.

Oleh karena itu membangun green house menjadi salah satu kebutuhan agar kebun hidroponik terhindar dari serangan hama tersebut. Sumber : www.legioma.com (Slamet Riyanto)

#Urban farming

#Hidroponik

#Hama hidroponik

#Belalang

#Ulat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image