Penerapan Internet of Thing untuk Hidroponik

Urban Farming  
Muhammad Zacky Asy'ari, narasumber sedang memberi pemaparan
Muhammad Zacky Asy'ari, narasumber sedang memberi pemaparan

Depok tidak memiliki sumberdaya alam, kedepan harus bisa menggunakan lahan terbatas dengan hasil maksimal, maka upaya yang harus dilakukan dibidang pertanian adalah meningkatkan produktifitas dan kualitas, demikian kata pembuka yang disampaikan Ir Widyati Riyandani, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok dalam acara Sosialisasi Teknologi Penerapan Internet of Thing (IoT) dalam Budidaya Pertanian Perkotaan di Depok (21/3).

Salah satu terobosan yang harus dilakukan adalah dengan penerapan teknologi dalam setiap kegiatan pertanian, salah satu yang paling mudah dan terukur adalah budidaya pertanian dengan sistem hidroponik, namun tidak menutup kemungkinan penerapan teknologi untuk berbagai budidaya pertanian lainnya. Lebih lanjut Widyati berharap 38 peserta sosialisasi pada hari ini bisa maksimal dan menerapkan teknologi ini dalam kegiatan pertanian di lingkungannya agar hasil pertanian lebih maksimal. Acara akan digelar dua hari hari pertama akan disampaikan berbagai wawasan dan hari kedua langsung praktik IOT yang akan dipandu oleh narasumber pungkasnya.

Acara yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok Jawa Barat bekerjasama dengan Binus University ini akan dipandu oleh nara sumber tunggal dari Binus Aso School of Engineering, Binus University Muhammad Zacky Asy'ari.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hari pertama Zacky membahas tentang wawasan perkembangan teknologi komputer dan informasi, kemudian dilanjutkan dengan sejarah perkembangan bercocok tanam secara hidroponik dari mulai yang sangat sederhana pada zaman Babilonia, juga yang dikembangkan oleh suku Aztec di Amerika sampai sistem hidroponik modern yang saat ini berkembang di berbagai belahan dunia.

Pada hari kedua peserta akan langsung praktik menerapkan teknologi IOT untuk budidaya hidroponik menggunakan peralatan yang telah disiapkan oleh narasumber. Akan ada peserta terpilih untuk bisa mendapatkan bantuan peralatan IOT untuk diterapkan pada sistem budidaya hidroponik yang telah dilakukan di lingkungannya. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image