Mengapa Sayuran Hidroponik Lebih Mahal ?

Hidroponik  
Panen sayuran hidroponik di Pagertani Farm Maharaja Depok, kebun hidroponik yang dikelola oleh kelompok tani Pagertani RW 12 Depok Maharaja, Kota Depok, Jawa Barat
Panen sayuran hidroponik di Pagertani Farm Maharaja Depok, kebun hidroponik yang dikelola oleh kelompok tani Pagertani RW 12 Depok Maharaja, Kota Depok, Jawa Barat

Seperti biasanya tukang sayur yang biasa berjualan keliling menggunakan gerobak di komplek perumahan tempat kami tinggal berhenti di depan rumah. Di bawah pohon jambu air yang rimbun itu biasa tukang sayur mangkal sejenak menunggu ibu-ibu yang akan belanja sayuran di pagi itu.

Berbagai sayuran dan bumbu dapur ditawarkan kepada ibu-ibu yang datang, ada yang berbeda pagi itu tukang sayur menawarkan sayuran dagangannya sambil memegang satu pack sawi yang dikemas dengan plastik tembus pandang. Ini sayuran hidroponik, lebih pres dan segar, katanya sambil menyodorkan kepada ibu-ibu yang sudah mengelilingi gerobak sayurnya.

Antusias ibu-ibu ingin mencoba sayuran hidroponik tinggi, namun begitu tahu harganya lebih mahal dibanding sayuran yang biasanya dijajakan, satu-persatu sayuran yang sudah dipegang dikembalikan pada gerobak sayur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mengapa Sayuran Hidroponik Lebih Mahal ?

1. Dari media tanam, sayuran hidroponik beda dengan sayuran yang ditanam dengan media tanam tanah. Sayuran hidroponik ditanam dengan media tanam air yang bermineral yang telah dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan sayuran tersebut. Instalasi hidroponik juga terjaga kebersihannya, maka tanaman sayurannya juga lebih bersih.

2. Sayuran Hidroponik Lebih Tahan lama.

Salah satu kelebihan sayuran hidroponik dapat disimpan dalam lemari pendingin lebih dari 10 hari masih dalam keadaan segar. Sayuran hidroponik biasanya masih diikutkan dengan bonggol akarnya yang ada rockwoolnya. Jaga kondisi akar selalu basah maka sayuran akan tetap segar sampai berhari-hari dan masih terus tumbuh.

3. Sayuran Hidroponik Penuh dengan Mineral.

Sayuran hidroponik lebih berkualitas dibanding sayuran yang ditanam secara konvensional karena sayuran hidroponik kadar mineralnya terkontrol disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Oleh karena itu satu lagi kelebihan sayuran hidroponik lebih enak rasanya.

4. Sayuran Hidroponik lebih Besar.

Dengan masa tanam yang sama antara sayuran yang ditanam secara konvensional dan hidroponik, tanaman hidroponik cenderung lebih besar secara ukuran. Ini dikarenakan tanaman hidroponik mendapatkan nutrisi yang maksimal selama pertumbuhannya.

5. Kualitas Sayuran Hidroponik Lebih Baik.

Kebun hidroponik idealnya menggunakan pelindung green house, sehingga serangga dan sejenisnya tidak mengganggu tanaman. Sehingga para petani hidroponik tidak perlu menggunakan pestisida kimia. ( Slamet Riyanto )

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image