Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Hidroponik  
Green house urban farming hidroponik Pondok Samawa Pondok Kelapa Jakarta Timu
Green house urban farming hidroponik Pondok Samawa Pondok Kelapa Jakarta Timu

Green house selalu identik dengan pertanian dengan sistem hidroponik, namun juga tidak sedikit yang bercocok tanam tanpa tanah ini beratap langit alias tanpa green house. Lalu apa fungsi green house itu sendiri?. Keduanya memiliki alasan masing-masing yang kuat.

Inilah beberapa keuntungan jika kita menggunakan rumah hijau atau greenhouse hidroponik:

1. Greenhouse pada area kebun hidroponik dapat melindungi terpaan langsung air hujan pada tanaman dan media tanam. Karena terpaan langsung air hujan pada daun dapat menimbulkan masalah baru berupa pembusukan pada daun tanaman beserta batangnya. Disamping itu juga menyuburkan cendawan, lumut dan tanaman pengganggu lainnya. Satu lagi air hujan yang masuk dalam instalasi hidroponik akan mengurangi konsentrasi nutrisi yang telah ditentukan dalam air tandon sebagai media tanam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Jika intensitas sinar matahari yang mengenai kebun hidroponik tinggi, maka tingkat penguapanpun tinggi. Dengan green house penguapan bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi biaya belanja nutrisi tanaman.

3. Greenhouse dapat mengurangi itensitas cahaya matahari yang masuk ke kebun hidroponik pada saat terik atau pada musim panas. Sehingga tanaman tidak mudah layu.

4. Dengan greenhouse tanaman juga terhindar dari serangan berbagai hama serangan serangga, seperti belalang, lalat, dan sebagainya. Sumber www.legioma.com (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image