Apakah Yellow Trap Itu?

Hidroponik  
Aplikasi yellow trap pada kebun sayur
Aplikasi yellow trap pada kebun sayur

Setiap ada kebun sayur dipastikan akan banyak serangga datang, seperti belalang, kupu-kupu, dan serangga lainnya. Mereka itu ada yang sengaja mencari makan daunan segar ada juga yang sekedar singgah untuk bertelur di daun yang nantinya akan menetas menjadi ulat pemangsa daun.

Sebagai usaha preventif para petani hidroponik ada yang bercocok tanam di dalam rumah hijau (green house), namun ada pula yang membuat perangkap serangga agar tidak makan dan singgah pada tanaman. Salah satu alat perangkap itu adalah Yellow Trap.

Yellow trap adalah alat perangkap serangga berwarna kuning dan biasanya dilengkapi dengan cairan atau zat beraroma yang disukai serangga dan mengandung zat perekat (lem).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tujuan pemasangan yellow trap agar serangga tertarik dan mendatangi alat tersebut (yellow trap) terjebak pada perekat lem dan tidak bisa pergi lagi. Serangga yang biasanya mendatangi tanaman hortikultura adalah kutu daun, lalat daun, belalang, dan kupu-kupu. Penggunaan Yellow Trap cukup efektif karena sifatnya pencegahan, metode pengendalian hama ini juga ramah lingkungan dan yang lebih penting adalah ramah di kantong petani alias murah.

Mengapa Yellow Trap Berwarna Kuning

Serangga dan hama tanaman hortikultura rata-rata menyukai warna kuning, bunga matahari juga bisa dijadikan alat untuk menarik perhatian serangga dan hama.

Baca Juga

Begini Mengatasi Hama Serangga Kebun Hidroponik Tanpa Green House

Pemilihan warna kuning sesuai dengan naluri dan sensor serangga yang akan mencari warna kuning, aroma tertentu yang disukai serangga juga perlu dioleskan pada permukaan yello trap agar sensor serangga akan lebih cepat menditeksi keberadaan yello trap,

Pengendalian hama sistem ini merupakan upaya preventif yang sangat efektif dan untuk mengurangi penggunaan pestisida kimia.

Kapan Yellow Trap Digunakan

Cuaca menjadi salah satu penyebab maraknya hama dan serangga, curah hujan secara terus menerus akan meningkatkan kelembaban lingkungan, keadaan ini akan menyebabkan hama penyakit merajalela. Jadi ketika musim hujan sangat disarankan pemasangan yellow trap pada area kebun hortikultura juga pada kebun hidroponik. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image