Netpot Berbagai Ukuran dan Fungsinya

Hidroponik  
Netpot, berbagai jenis dan ragam ukuran, pilih sesuai fungsi dan selera, namun jangan lupa harus di sesuaikan dengan diameter lubang tanam insalasi hidroponiknya
Netpot, berbagai jenis dan ragam ukuran, pilih sesuai fungsi dan selera, namun jangan lupa harus di sesuaikan dengan diameter lubang tanam insalasi hidroponiknya

Para petani hidroponik pasti tidak asing lagi dengan istilah netpot. Netpot adalah wadah atau tempat yang digunakan sebagai penopang tanaman dalam sistem pertanian hidroponik. netpot bisa berupa bahan pabrikan atau wadah yang telah dimodifikasi sesuai dengan fungsi netpot.

Sebagian petani hidroponik skala industri ada yang tidak menggunakan netpot, namun harus memodifikasi instalasi hidroponik sehingga tanaman bisa tetap tumbuh dengan sempurna. Kasus seperti ini untuk mengurangi pekerjaan lapangan pada proses menanam, dan mencuci netpot.

Ukuran netpot hidroponik juga banyak ragam mulai dari ukuran standarfd yaitu netpot 5 cm dan netpot 7cm, sampai dengan netpot besar untuk hidroponik model duckbuchet. Jenis lubang bawah pada netpot juga beraneka bentuk ada yang lubang kecil, lebar, bahkan ada juga yang dindingnya rapat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bentuk netpot seperti gelas, diameter permukaan atas lebih lebar dibanding dengan diameter dasar netpot. Pada permukaan atas terdapat sayap atau biasa disebut kuping yang lebarnya sekitar 2-3 mm yang berfungsi sebagai penahan ketika dimasukkan kedalam lubang instalasi hidroponik tidak lolos ke dalam.

Netpot dapat dibeli di toko hidroponik atau toko pertanian, bahkan saat ini banyak bisa ditemukan ditoko market place atau tokok online.

Bagi yang senang dengan warna, netpot hidroponik juga ada yang berwarna walaupun tidak banyak pilihannya. Namun disarankan warna putih karena putih memantulkan cahaya, bukan menyerap sehingga bisa untuk mengurangi efek panas pada tanaman. Bagi para penghobi dan memperlakukan hidroponik sebagai hiasan halaman rumah boleh saja memilih warna netpot sesuai selera.

Bagaimana cara memilihnya? Sesusaikan dengan selera dan kebutuhan dan jangan lupa sesuaikan dengan diameter lubang pada instalasi hidroponik yang Anda punya. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image