Hidroponik

Mengendalikan Hama di Kebun Hidroponik

Green house sebagai salah satu cara melindungi tanaman dari serangan serangga
Green house sebagai salah satu cara melindungi tanaman dari serangan serangga

Salah satu dari banyak manfaat berkebun hidroponik dengan menggunakan green house adalah lebih sedikit kemungkinan terserang hama dan penyakit. Karena dengan sistem green house kita dapat mengontrol lingkungan, namun tidak berarti tanaman benar-benar bebas terhadap hama dan penyakit.

Tanaman hijau yang subur akan selalu menjadi daya tarik hama untuk bersarang, apabila mereka bisa menemukan jalan masuk ke arena kebun.

Berikut adalah empat hama yang umum dijumpai di dalam kebun hidroponik, berikut saran bagaimana cara mengatasinya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kutu Daun

Kutu daun adalah makhluk kecil yang banyak akal dan selalu hadir ketika ada kebun sayuran yang hijau. Kutu daun dapat bereproduksi namun tidak perlu pejantan, artinya koloni ini dapat dimulai dari hanya satu serangga. Begitu makhul ini tumbuh akan mulai menghasilkan kutu daun untuk mencari inang baru tanaman, begitulah seterusnya hingga mencapai ribuan makhluk yang ada di kebun hidroponik

Koloni kutu daun dapat mematikan tanaman, mereka secara terus menerus akan menghisap getah daun yang bisa menyebabkan tanaman layu. Tanaman yang diberi makan berlebihan dengan pupuk sintetis nitrogen tinggi rentan terhadap kutu daun. Tingginya tingkat reproduksi kutu daun membuat mereka sulit untuk dibasmi.

Bagaimana cara mengatasi kutu daun?

Cara sederhana mengatasi kutu daun adalah dengan cairan sabun pencuci piring. Semprot secara rutin pada daun yang diserang kutu daun. Cara alami juga bisa menggunakan binaang kepik supaya mereka memakan kutu daun, namun cara ini akan sulit karena diperlukan sangat banyak binatang kepik.

Laba-Laba

Laba-laba selalu membuat jaring sebagai rumah dan perlindungan diri, jaring dibuat dari satu daun ke daun yang lain. Jika ditemukan makhluk ini pastikan segera dibersihkan atau tanaman disingkirkan karena dalam waktu singkat koloni ini akan tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Laba-laba jenis ini akan menghisap sari makanan pada daun tanaman sayuran, akhirnya daun akan lemah dan berbintik-bintik dan berakhir layu dan mati.

Jenis laba-laba ini menyukai lingkungan yang kering, khususnya pada daun muda. Ujung tanaman sayuran sejenis sawi-sawian menjadi tempat paling ideal untuk berkembang biak.

Bagaimana cara mengatasi laba-laba?

Rajin mengontrol tanaman adalah solusi terbaik, singkirkan tanaman jika ada jenis hama ini, atau ambil tanaman dan bersihkan secara manual dengan menyemprot dengan air.

Lalat Putih

Lalat putih adalah sejenis serangga putih yang sangat kecil, lalat putih akan menghisap cairan daun. Lalat putih akan megeluarkan cairan yang dapat berkembang biak menjadi jamur. Tanaman yang sudah dihisap lalat putih akan meninggalkan bercah warna kuning kecoklatan pada daun.

Bagaimana cara mengatasi Lalat Putih?

Serangga ini dapat diatasi secar menual yaitu dengan memasang alat perangkap yellow trap pada sekitar tanaman.

Thrip

Serangga thrips berukuran sangat kecil kurang lebih 1 mm berwarna kuning atau kecoklatan. Trips berkembang biak cepat ketika musim kemarau, dan berangsur surut ketika musim penghujan.

Tanaman yang diserang trips menyebabkan daun yang lebih tua tampak keperakan dan bersisik, daun baru dan buah akan berkembang sangat lambat.

Bagaimana cara mengatasi Trips?

Jika ada gelaja tanaman terserang trip, lebih baik dipotong pada batang atau daung yang terkena serangan dan hancurkan agar trips tidak berkembang biak.

Jangan lupa, pencegahan selalu merupakan obat terbaik, dan penting untuk selalu menjaga agar kebun hidroponik bersih dari berbagai serangga.

Tips Agar Green House Hidroponik Selalu Bebas dari Serangga

1. Menjaga kebersihan green house.

2. Hindari membawa peralatan dari luar green house, karena ini dapat membawa hama atau telurnya ke dalam green house.

3. Pastikan semua ventilasi atau pintu green house selalu tertutup agar serangga tidak masuk. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Pemenang Lomba Tujuh Belasan Dapat Hadiah Sayuran Hidroponik

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image