Kandungan Zat dalam Nutrisi AB-Mix Hidroponik

Hidroponik  
Agar sayuran hidroponik dapat tumbuh secara maksimal diperlukan pupuk dengan kandungan nutrisi yang tepat
Agar sayuran hidroponik dapat tumbuh secara maksimal diperlukan pupuk dengan kandungan nutrisi yang tepat

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik memerlukan pupuk khusus berbentuk cairan yang populer diberi nama nutrisi AB Mix atau pupuk AB Mix.

Nutrisi hidroponik AB Mix dirancang untuk menyediakan keseimbangan nutrisi yang sempurna kepada tanaman, diantaranya mengandung unsur-unsur nitrogen, fosfor, dan kalium, mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

Dengan menyalurkan nutrisi tersebut langsung ke akar tanaman, maka tanaman hidroponik memungkinkan penyerapan lebih efisien dan maksimal sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih cepat dan maksimal.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika Anda ingin hasil panen hidroponik maksimal dan tanaman tumbuh dengan sehat, maka Anda harus memahami komposisi yang ada dalam pupuk AB Mix.

Apa itu Hidroponik?

Hidroponik adalah metode revolusioner cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah. Bagi masyarakat awam terdengar aneh, namun hidroponik adalah cara budidaya tanaman yang sangat nyata dan praktis. Bercocok tanam dengan sistem hidroponik mengandalkan larutan air yang kaya nutrisi dan langsung disalurkan ke akar tanaman. Dengan cara ini memungkinkan dilakukan pengontrolan yang tepat terhadap tingkat nutrisi, dan hal lainnya seperti pH air, dengan demikian tanaman akan tumbuh dengan sehat, subur, dan maksimal.

Keuntungan pertanian hidroponik adalah karena hemat ruang, ini menjadikan hidroponik sebagai solusi tepat untuk pertanian perkotaan atau urban farming. Selain itu, pertanian hidroponik memungkinkan dapat dilakukan sepanjang tahun tanpa ketergantungan musim. Artinya, tanaman dapat ditanam secara terus menerus, sehingga pasokan produk sayuran segar dapat stabil sepanjang tahun.

Pertanian hidroponik juga efisien dalam penggunaan air, karena dalam sistem hidroponik, air tidak hilang tetapi berputar secara terus menerus. Hal ini menjadikan pertanian hidroponik sebagai solusi ramah lingkungan, terutama di wilayah yang minim air.

Larutan pekatan nutrisi AB mix selalu dkemas dalam tempat yang terpisah, jangan mencampurkan kecuali sudah diaplikasikan kedalam bak tandon
Larutan pekatan nutrisi AB mix selalu dkemas dalam tempat yang terpisah, jangan mencampurkan kecuali sudah diaplikasikan kedalam bak tandon

Nutrisi AB Mix Adalah Kunci Keberhasilan Pertanian Hidroponik.

AB mix terbagi kedalam dua jenis yaitu AB mix untuk tanaman sayuran dan AB mix untuk tanaman buah, pada setiap jenis memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Mengapa harus dibedakan AB Mix untuk sayuran dan AB Mix untuk sayuran buah? Karena pada tanaman sayuran buah diperlukan proses untuk pertumbuhan gerenatif yaitu merangsang untuk pertumbuhan buah, sedangkan pada tanaman sayuran daun hanya memerlukan untuk proses vegetatif.

Salah satu komponen penting dalam pertanian hidroponik adalah penggunaan larutan nutrisi. Nutrisi yang digunakan dalam pertanian hidroponik dikenal dengan nama pupuk AB Mix.

Pertanian hidroponik tanpa nutrisi AB Mix juga bisa hidup, namun pertumbuhannya tidak dahsyat jika menggunakan nutrisi AB-Mix.

Inilah Kandungan Nutrisi Dasar yang ada Pada Pupuk AB-Mix

Dalam pertanian hidroponik, larutan nutrisi adalah sumber kehidupan tanaman, nutrisi itulah pupuk AB Mix. Cairan nutrisi Ini berisi makanan yang sangat lengkap yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang tanaman.

Unsur Makro

Tiga unsur hara utama atau disebut sebagai unsur makro yang harus ada pada pupuk AB-Mix dan merupakan unsur utama yang diperlukan tanaman yaitu : Nitrogen, Fosfor, dan Kalium atau akarap disebut dengan NPK.

Adapun fungsi unsur-unsur tersebut adalah:

1. Nitrogen (N): Berfungsi untuk pertumbuhan vegetatif yaitu pertumbuhan daun agar maksimal dan sehat.

2. Fosfor (P): Berfungsi untuk merangsang perkembangan akar dan pembentukan bunga.

3. Kalium (K): Berfungsi untuk kesehatan tanaman secara keseluruhan dan ketahanan terhadap penyakit.

Nutrisi Sekunder

Selain unsur utama diatas tanaman juga memerlukan unsur sekunder agar tanaman bisa lebih optimal dalam pertumbuhannya. Unsur tersebut adalah kalsium, magnesium, dan belerang.

Adapun fungsi-fungsi unsur tersebut adalah:

1. Kalsium (Ca): Berfungsi untuk memperkuat struktur dan stabilitas dinding sel.

2. Magnesium (mg): Berfungsi untuk memproduksi klorofil.

3. Sulfur (S): Membantu proses fotosintesis.

Mikronutrien yang Digunakan Dalam Hidroponik

Unsur hara mikro juga merupakan unsur penting yang juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman namun dalam jumlah kecil.

Unsur Mikro

Beberapa unsur nutrisi mikro yang terkandung dalam pupuk AB-Mix hidroponik antara lain besi, mangan, seng, tembaga, boron, molibdenum, dan klorin. Masing-masing elemen ini memiliki peran penting dalam proses metabolisme tanaman.

1. Besi (Fe): Penting untuk produksi klorofil.

2. Mangan (Mn): Berfungsi untuk aktivasi enzim dan membantu tanaman menahan stres.

3. Seng (Zn): Dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan mendorong pertumbuhan akar.

4. Tembaga (Cu): Berfungsi untuk memperkuat dinding sel.

5. Boron (B): Merangsang pembelahan sel dan metabolisme karbohidrat.

6. Molibdenum (Mo): Diperlukan untuk membantu mengubah nitrat menjadi amonia.

7. Klorin (Cl): Berfungsi untuk proses fotosintesis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image