Bunda Elly Farida Panen Sayuran Hidroponik di Pagertani Farm Depok Maharaja

Urban Farming  
Bunda Elly Farida sedang melakukan panen sayuran hidroponik di Pagertani Farm Maharaja, Kota Depok Jawa Barat.
Bunda Elly Farida sedang melakukan panen sayuran hidroponik di Pagertani Farm Maharaja, Kota Depok Jawa Barat.

Bunda Elly Farida ketua Tim Penggerak PKK Kota Depok Jawa Barat melakukan panen sayuran hidroponik di kebun urban farming Pagertani Farm Depok Maharaja Jawa Barat.

Bunda Elly yang juga istri dari Wali Kota Depok mengapresiasi keberadaan Pagertani Farm yang sudah berlangsung selama tiga tahun, ini merupakan bukti nyata kegiatan urban farming yang bisa dimanfaatkan untuk warga disekitarnya, komentarnya ketika melakukan panen sayuran hidroponik di Pagertani farm Depok.

Bunda Elly juga menjelaskan tentang program Pemerintah kota Depok yaitu P2L atau Pekarangan Pangan Lestari, adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan. Maka pemerintah kota depok tak henti hentinya memberikan pelatihan kepada masyarakat agar program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar untuk kesejahteraan masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pagertani Farm adalah kebun urban farming yang dikelola oleh kelompok tani Pagertani, dimana didalam kebun tersebut dibudidayakan beragai tanaman seperti kebun anggur, kebun buah yang dibudidayakan dengan sistem tabulampot, kolam ikan, dan kebun hidroponik.

Konsep urban farming yang diusung memang tepat karena Pagertani Farm berada di tengah kota Depok Jawa Barat, tepatnya di komplek perumahan Depok Maharaja, Jl Raya Sawangan kota Depok Jawa Barat. Pagertani farm dikelola oleh kelompok tani yang diberi nama Kelompok Tani Pagertani, yang beranggotakan 25 orang dari warga sekitar kebun.

Kebun hidroponik sendiri menempati lahan 60 m persegi diatasnya didirikan bangunan green house mini. Dari lahan tersebut dapat menampung 1300 lubang tanam untuk ditanami sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik.

Pada panen kali ini meliputi sayuran selada, kangkung, pak coy, pak coy bonggol putih, bayam, dan seledri. Total hasil panen sekitar 190 Kg,

Dari hasil tersebut semuanya terserap untuk kebutuhan warga di sekitar kebun, tepatnya di RW-12 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat. (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image