Mengapa Rockwool Cocok Sebagai Media Tanam Hidroponik ?

Tips  
Rockwool salah satu media tanam hidroponik, untuk netpot ukuran 3 - 5 cm diperlukan rockwool berukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm
Rockwool salah satu media tanam hidroponik, untuk netpot ukuran 3 - 5 cm diperlukan rockwool berukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm

Para petani hidroponik pada umumnya menggunakan Rockwool sebagi media tanam. Lantas apakah rockwool itu, Wikipedia menerjemahkan rockwool merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para petani hidroponik. Kelebihan media tanam ini karena rockwool dapat menyimpan komposisi air dan udara yang cocok untuk kebutuhan tanaman.

Masih mengutip dari wikipedia, rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara, selanjutnya semuanya dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Sifatnya yang mampu menyerap air dan udara, maka roockwool cocok sebagai media tanam hidroponik sehingga banyak menyerap pupuk cair sekaligus udara yang membantu pertumbuhan akar dalam penyerapan unsur hara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada umumnya kemasan rockwool berbentuk balok, namun materialnya seperti kapas padat, Karena itu untuk memotongnya perlu hati-hati. Jangan gunakan pisau atau benda tajam lainnya karena bisa jadi rockwool akan hancur potongannya tidak sesuai dengan harapan.

Rockwool dijual dalam berbagai kemasan antara lain:

Ball

Satu Ball berisi 16 Slab, pembelian untuk skala ini biasanya untuk pengusaha hidroponik slala industri

Slab

Satu Slab berukuran 100 x 15 x 7,5 cm. Netpot dengan diameter 3 sampai 5 cm jika untuk menanam biasanya diisi dengan rockwool berukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm. Maka satu slab akan menghasilkan sekitar 720 rockwool ukuran kecil yang siap untuk menanam dan dimasukkan dalam netpot. Pembelian ukuran ini biasanya dilakukan oleh para pelaku hidroponik yang telah memiliki lubang tanam minimal 500 lubang tanam.

Ukuran Ekonomis

Pada umumnya tipe ini berukuran kecil sekitar 15 x 7,5 x 33 cm. Ukuran ini biasanya banyak digunakan para hobies hidroponik skala kecil atau mereka yang sedang mencoba bertanam secara hidroponik. Ada kalanya rockwool sudah dipotong-potong dengan ukuran 2,5 x 2,5 x 2,5 cm, namun juga ada yang belum dipotong. Ukuran ini identik dengan sepertiga slab, jika sudah dipotong kecil akan menghasilkan sebanyak 234 pcs rock woll potongan kecil. Sumber : Legioma.com

Untuk memotong rockwool, gunakan gergaji besi kecil dan penggaris besi sebagai pemandu agar potongan bisa lurus.

Lantas mengapa menggunakan rockwool sebagai media tanam, berikut beberapa keuntungannya:

1. Mampu menahan air dengan baik

2. Tidak mengandung patogen penyebab penyakit

3. Memiliki tingkat aerasi yang baik

4. Ramah lingkungan

(Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image