Empat Media Semai Tanaman Hidroponik Paling Populer

Hidroponik  
Empat media semai tanaman hidroponik paling populer
Empat media semai tanaman hidroponik paling populer

Bercocok tanam tanpa tanah atau hidroponik semakin digemari masyarakat perkotaan. Karena sistem hidroponik sangat hemat ruang dan bersih, dan tidak perlu kotor dengan tanah. Demikian juga cara penyemaiannya, semuanya serba bersih tanpa tanah.

Info terkait : Tips Cara Memilih Benih

Penggiat urban farming khususnya hidroponik pasti sudah mengenal berbagai media semai yang digunakan untuk penyemaian benih tanaman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Inilah empat media semai tanaman hidroponik yang populer.

1. Rockwool

Rock wool merupakan media semai yang paling populer dikalangan pecinta hidroponik, karena rock wool mampu menyimpan air paling efektif dibanding media tanam yang lain.

2. Cocopeat

Cocopeat adalah serbuk kulit kelapa yang dihaluskan dan telah dipisahkan dari serabutnya, media tanama ini juga memiliki daya serap air yang tinggi. Cocopeat ramah lingkungan karena berasal dari bahan organik.

3. Sekam Bakar

Sekam bakar adalah sekam (kulit padi) mentah yang telah dibakar menjadi arang.

Sekam bakar banyak digunakan para petani hidroponik sebagai media semai karena sekam bakar steril bebas dari hama penyakit dan banyak mengandung protein, karbon, oksigen, karbohidrat sehingga sangat tepat sebagai media semai. Disamping itu sekam bakar sangat murah dan mudah untuk mendapatkannya.

4. Spons

Spons juga memiliki daya serap air cukup baik. Disamping itu diperkotaan spon lebih mudah didapat. Namun spon tidak cukup kuat jika dipakai sebagai media tanam karena strukturnya tidak dapat bertahan lama. ( Slamet Riyanto )

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image