Begini Cara Mengatasi Hama Leaf Miner pada Tanaman Sayuran

Hidroponik  

Berkebun dengan sistem hidroponik tanpa green house bahkan beratap langit alias tanpa atap bisa dilakukan dan juga bisa tumbuh dengan subur, namun harus siap dengan serangan hama dan penyakit, salah satunya adalah leaf miner.

Secara kasat mata tanaman yang diserang hama leaf miner pada permukaan daun ada semacam garis berwarna putih memanjang berkelok kelok, semakin hari semakin panjang dan banyak daun yang diserang. Leaf miner berada dibawah permukaan daun tepatnya pada bagian mesofil daun, kemudian memakan sambil berjalan sehingga membentuk secenis terowongan yang panjang. Daun yang terserang leaf miner secara perlahan akan layu dan akhirnya mati. Jika semua daun sudah terkena leaf miner akibatnya daun tidak bisa melaksanakan fungsinya dalam fotosistesis dan berakhir pada kematian tanaman.

Leaf miner atau populer dengan nama penggorok daun berawal dari lalat betina yang bertelur pada permukaan daun, telur yang ditinggalkan bisa sampai 150 butir dan beberapa hari kemudian telur-telur tersebut menetas menjadi larva

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pengorok daun ini sangat senang dengan tanaman sayuran seperti sawi-sawian, pok coy, kentang, cabe, dan juga tomat.

Untuk mengendalikan hama leaf liner, ada beberapa yang harus dilakukan yaitu:

1. Lindungan tanaman dengan green house, dengan demikian lalat dan serangga lainnya tidak bisa masuk area kebun.

2. Pasang perangkap serangga atau yellow trap pada area tanaman.

3. Pada tanaman yang sudah terlanjur terserang leaf miner, potonglah tangkai daun yang sudah terserang hama tersebut lalu dibakar.

4. Lakukan pengendalian secara biologi dengan menyemprot dengan pestisida nabati sehingga tidak ada residu kimia yang tertinggal pada tanaman.

5. Lakukan pengendalian secara alamiah dengan cara melakukan rotasi tanaman, lakukan penanaman dengan jenis tanaman yang berganti-ganti.

Pada dasarnya leaf miner adalah makhluk hidup yang akan mempertahankan hidup dan keturunannya, para petani menyikapi agar tidak mengganggu produktifitas hasil panennya. (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image