Manfaat Sinar Ultra Violet (UV) bagi Tanaman Hidroponik

Hidroponik  
Green house kebun hidroponik yang dilengkapi sinar ultra violet (UV) untuk membantu proses fotosintesis. Foto: web.pln.co.id/
Green house kebun hidroponik yang dilengkapi sinar ultra violet (UV) untuk membantu proses fotosintesis. Foto: web.pln.co.id/

Matahari memberi banyak manfaat bagi kehidupan di bumi dengan pancaran sinarnya yang mengandung banyak manfaat.

Salah satu jenis sinar yang dipancarkan matahari adalah sinar ultra violet (UV) yang dikenal dengan sinar UV, adalah bagian dari sinar matahari yang tidak terlihat atau tampak oleh mata.

Berdasarkan panjang gelombangnya, sinar UV dibagi menjadi tiga yaitu Sinar UV-A, sinar UV-B (Medium wave), dan sinar UV-C (Short wave). Sinar UV-C sebagian besar dapat diserap oleh ozon, tapi radiasinya dapat menimbulkan bahaya dan lebih banyak menimbulkan kerusakan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Manfaat Sinar Ultraviolet

Sinar UV memiliki beberapa manfaat untuk kelangsungan kehidupan makluk di bumi, bagi manusia adalah sebagai sumber alami vitamin D yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia.

Bagi hewan, keberadaan sinar UV sangat membantu dalam melangsungkan hidupnya, mendeteksi sumber makanan yang sudah matang, dan untuk navigasi perjalanan sehari-hari.

Demikian juga bagi tumbuhan, keberadaan sinar UV sangat membantu dalam memasak makanan atau fotosintesis khususnya untuk tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Namun tanaman juga tidak boleh berlebihan terpapar sinar UV karena akan mengakibarkan ganggauan dalam pertumbuhan. Itulah mengapa para petani hidroponik selalu menanam dalam green house dengan menggunakan atap plastik UV.

Bagaimana jika tanaman selama 24 jam ditebari cahaya sinar UV?

Akhir-akhir ini banyak petani hidroponik menggunakan lampu UV untuk menggantikan peran sinar matahari yang hanya ada pada siang hari. Dengan keberadaan lampu UV tanaman bisa memasak makanan sepanjang siang dan malam, sehingga tanaman lebih cepat tumbuh.

Caranya green house hidroponik ditebari lampu UV dengan kekuatan tertentu yang tentu saja sesuai kebutuhan tanaman untuk proses fotosintesis. Selama lampu dinyalakan gelombang sinar UV dipancarkan ke lahan tanaman, dengan demikian tanaman terus memasak makanan untuk pertumbuhan. Sistem hidroponik seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tanaman tersedia dengan sangat lengkap tanpa harus dicara oleh akar jika ditanam dengan media tanah. Akibatnya tanaman akan cepat tumbuh dan berkembang bahkan lebih cepat dibanding dengan sistem hidroponik biasa.

Dengan metode ini berkebun hidroponi bisa lebih mudah tidah harus mencari tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari cukup. Kebun hidroponik bisa dipindahkan di dalam gedung, bahkan di lantai basement yang tidak mendapat paparan sinar matahari sama sekali.

Dimana mendapatkan lampu UV

Saat ini lampu UV sudah banyak dijual, bisa didapatkan di berbagai market place di internat, dan juga bisa dibeli di toko lampu. Desain dan kekuatannyapun beragam mulai dari skala kecil sampai untuk kebutuhan green house.

Penasaran ?, silakan mencoba. (Slamet Riyanto)

web.pln.co.id/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image