Mengapa Nutrisi Hidroponik AB Mix Harus Dipisah ?

Hidroponik  
Para peserta pelatihan Urban Farming Hidroponik PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagaian Tengah sedang melakukan proses pencairan Nutrisi AB Mix butiran menjadi pekatan
Para peserta pelatihan Urban Farming Hidroponik PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagaian Tengah sedang melakukan proses pencairan Nutrisi AB Mix butiran menjadi pekatan

Bercocok tanam dengan sistem hidroponik pasti mengenal nutisi atau pupuk yang populer dengan nama AB Mix. Pemberian pupuk dengan takaran yang tepat akan menghasilkan tanaman yang baik pula.

Mengapa Namanya AB Mix

Setiap kali ada pelatihan hidroponik selalu ada pertanyaan, "Mengapa namanya AB Mix"?, Mengapa namanya tidak merepresentasikan kandungan atau manfaat pupuk seperti halnya nama pupuk pada pertanian konvensional?.

Mengutip laman www.maximumyield.com, tradisi menanam secara hidroponik dipelopori oleh orang Belanda, termasuk istilah nutrisi AB mix juga berawal dari masyarakat petani negara kincir angin dengan istilah "Dutch Style Nutrients". Bertani tanpa media tanah gaya Belanda ini pupuk dibedakan menjadi dua bagian besar yaitu pupuk untuk masa pertumbuhan (vegetatif) dan satu lagi pupuk untuk masa pemekaran (generatif). Masing-masiang bagian dibedakan menjadi dua lagi yang tidak boleh dicampur sebelum diaplikasikan ke tanaman yang dibedakan dengan tanda A dan B.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi selama menanam jika sampai menghasilkan biji benih dengan media air ini dibutuhkan pupuk empat botol yaitu,

1. Untuk Pertumbuhan (vegetatif)

2. Untuk Pemekaran (Generatif)

Masing-masing dibedakan lagi dengan tanda label A dan B.

Mengapa Nutrisi A dan B harus Dipisah

Nutrisi yang dikembangkan gaya Belanda ini menjadi populer untuk pelaku hidroponik diseantero dunia, belakangan metode ini juga banyak diterapkan untuk sistem pemupukan pertanian gaya konvensional dengan media tanam tanah karena efeknya yang mengesankan pada hasil tanaman.

Dipercaya bahwa pemupukan metode ini menyebabkan sel-sel akar tanaman terbuka lebih besar sehingga bisa menyerap nutrisi dalam jumlah banyak dengan cepat. Proses ini menyebabkan peningkatan yang dramatis dalam pertumbuhan dan hasil tanaman.

Masih mengutip laman www.maximumyield.com, para penanam profesional yang menggunakan formula multi-bagian ini hasil panennya menjadi dua kali lipat bahkan lebih dibandingkan dengan petani yang menggunakan pupuk biasa.

Sampai saat ini para produser nutrisi belum bisa menggabungkan semua produk mereka karena ada reaksi kimia yang tidak bisa dihindari untuk bahan-bahan tertentu, seperti silika, bakteri, fosfor, kalsium, dan mikoriza, itulah sebabnya diperlukan botol terpisah yaitu botol A dan B.

Kandungan unsur-unsur tersebut diatas jika dalam bentuk pekat/konsentrat tinggi tidak boleh dicampurkan karena dapat membentuk endapan

Contoh:

a. Calcium Tercampur Phospate Ca3(PO4)2 akan membentuk bahan pembetuk tulang & gigi

b. Calsium tercampur dg Sulfate CaSO4 akan membentuk endapan seprti bahan gypsum

c. Zat Besi Tercampur Phospate akan membentuk bahan katoda baterai lithium

Sementara itu unsur-unsur diatas untuk dapat diserap oleh tanaman perlu di lakukan proses pengenceran sampai konsentrasi 1:200.

Artikel terkait: Mengapa hidroponik perlu nutrisi AB Mix?

Apa Saja Kandungan Didalam Nutrisi AB Mix?

Pada dasarnya pada nutrisi A berisi unsur makro hara dan nutrisi B berisi unsur mikro hara.

Kandungan dalam Nutrisi A :

a. N (nitrogen) berfungsi untuk membentuk tunas serta daun khususnya saat pembibitan

b. K (kalium) berfungsi untuk membantu proses fotosintesis.

c. P (Fosfat) berfungsi untuk pembentukan akar tanaman.

d. Mg (magnesium), Kalsium, Sulfur, beberapa unsur ini juga diperlukan oleh tumbuhan walaupun kebutuhannya sangat kecil.

Kandungan dalam Nutrisi B :

a. Fe (besi)

b. Cl (khlor)

c. Cu (tembaga)

d. Lainnya.

Apakah Bentuk Nutrisi AB Mix ?

Secara fisik nutrisi AB mix ada yang masih berbentuk butiran, dan juga ada yang sudah dalam bentuk cairan. Kita bisa pilih salah satu, jika masih dalam bentuk kristal atau butiran maka kita harus cairkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke tanaman, jangan lupa ikuti tata cara untuk membuat cairan yang tertera pada petunjuk di masing-masing kemasan. Membeli dalam bentuk kristal tentu saja harga relatif lebih murah dibanding nutrisi yang sudah dalam cairan.

Jika Masih Dalam Bentuk Butiran, Bagaimana langkah melarutkan butiran nutrisi AB Mix?

Berikut langkah melarutkan butiran nutrisi AB Mix, kata lain adalah membuat pekatan nutrisi AB Mix.

a. Periksa pada kemasan nutrisi butiran AB mix yang akan dicairkan, menjadi berapa liter. Dalam contoh ini akan kita cairkan untuk kemasan butiran AB Mix volume 1 leter.

b. Siapkan dua ember atau wadah, yang masing-masing minimal bisa menampung 1 leter air.

c. Beri nama masing-masing ember dengan ember A dan ember B

d. Tuangkan air baku ke dalam ember masing-masing 0,5 leter.

e. Tuangkan butiran nutrisi kemasan A ke dalam ember A, dan butiran nutrisi kemasan B ke dalam ember B.

f. Aduk hingga homogen/larut semua.

g. Tambahkan air baku pada masing-masing ember sehingga menjadi 1 liter.

h. Pekatan nutrisi AB Mix siap digunakan

Selanjutnya nutrisi AB Mix siap diaplikasikan sebagai pupuk tanaman hidroponik, jangan lupa ikuti tatacara penggunaan nutrisi AB mix agar tanaman bisa tumbuh dengan sempurna. ( Slamet Riyanto )

#Hidroponik

#Nutrisi AB Mix

#Mengapa namanya nutrisi AB Mix?

#Mengapa nutrisi AB Mix harus dipisah?

#Apa saja kandungan nutrisi AB Mix?

#Apakah bentuk nutrisi AB Mix?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image