Gully Hidroponik Adalah

Hidroponik  
Instalasi hidroponik menggunakan gully lebih mudah, rapi, dan memberi nilai artistik
Instalasi hidroponik menggunakan gully lebih mudah, rapi, dan memberi nilai artistik

Para pemula hidroponik masih ada yang bingung untuk memilih bahan instalasi hidroponiknya, apakah pakai talang, pipa paralon, bahkan ada istilah gully hidroponik. Apakah gully hidroponik itu?

Gully hidroponik adalah wadah yang biasanya digunakan oleh petani hidroponik untuk membuat instalasi hidroponik sebagai tempat untuk menanam tanaman. Secara sederhana dapat digambarkan gully berbentuk seperti talang air dengan panjang standard empat meter, dan yang menjadi ciri khasnya adalah berbentuk trapesium, tidak buat sebagaimana talang air. Berbeda dengan pipa PVC, karena bentuknya yang trapesium, gully bagian atasnya bisa dibuka sehingga menjadi dua bagian yaitu badan gully dan tutup gully.

Pada umumnya gully digunakan untuk instalasi hidroponik sistem NFT, namun belakangan gully juga bisa disetel untuk sistem DFT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Secara fisik gully trapesium biasanya terbuat dari bahan PVC dengan ketebalan Tebal 1.7 mm, Lebar terluar 10.7 cm, lebar dasar 10 cm, tinggi 5 cm, dan lebar bagian atas 6 cm. Jika membeli gully biasanya ada beberapa yaitu:

1. Talang hidroponik gully trapesium

2. Endcap, digunakan untuk tutup ujung gully

3. Drain out, digunakan untuk tutup pembuangan air

4. Joiner atau sambungan gully, digunakan untuk menggabungkan (menyambung) gully.

Di luar negeri gully sudah memenuhi standard food grade artinya aman untuk kontak langsung dengan bahan makanan, dalam hal ini akan digunakan untuk menanam sayuran. Jadi tidak heran jika harga gully di Indonesia masih mahal.

Karena masih langka dan mahalnya harga gully, para petani hidroponik di Indonesia menggantikan gully dengan pipa paralon PVC yang biasa digunakan sebagai talang air, atau ada juga yang menggunakan bambu sebagai penggantinya.

Keunggulan menggunakan gully sebagai instalasi hidroponik adalah:

1. Mudah dibersihkan

Karena gully bisa dibuka bagian atasnya, maka mempermudah ketika akan dibersihan bagian dalam gully. Ini biasa dilakukan jika selesai panen gully harus dibersihkan bagian dalamnya agar terhindar dari berbagai bakteri.

2. Food Grade.

Standard food grade memberi jaminan keamaman konsumen bahwa tidak ada partikel kimia berbahaya akan menempel pada tanaman sayuran yang ditanman menggunakan gully.

3. Mudah dan Indah Secara Desain.

Bentuknya yang trapesium memberi kemudahan dalam membuat instalasi hidroponik, disamping itu memberi nuansa indah pada insalasi.

4. Memberi Ruang Pengakaran Tanaman Lebih Leluasa

Permukaan dasar yang merata dan bagian tengah yang melabar dapat memberi ruang pada sisem pengakaran tanaman menjadi leluasa, akar bisa lebih banyak dan berdampak pada kecepatan pertumbuhan tanaman.

5. Nutrisi Lebih Merata

Dasar gully yang datar memberi keleluasaan air mengalir secara merata dengan permukaan yang lebih luas, ini akan memberi ruang pada akar untuk berkembang kesegala arah lebih luas dan mendapat jaminan mendapatkan nutrisi yang optimal dan merata. (Slamet Riyanto)

Berita Terkait

Image

Resep Membuat Pestisida Nabati untuk Membasmi Hama Kutu Daun

Image

Empat Alasan Mengapa Hidroponik Perlu Green House

Image

Lima Jenis Sayuran Hidroponik Paling Laris

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image