Tips Menyemai Tanaman Hidroponik

Tips  
Semaian Tanaman Kangkung,--Menggunakan bibit yang berkualitas dan media semai yang benar akan menghasilkan semaian tanaman yang sehat
Semaian Tanaman Kangkung,--Menggunakan bibit yang berkualitas dan media semai yang benar akan menghasilkan semaian tanaman yang sehat

Menyemai tanaman hidroponik adalah awal dari kehidupan tanaman yang penuh dengan tantangan, penyemaian yang benar akan menghasilkan tanaman yang sehat namun sebaliknya akan menjadi bencana gagal panen.

Pertanian hidroponik adalah cara budidaya tanaman dengan menggunakan media tanam air, dengan kata lain menanam tidak dengan tanah (Soilless). Namun demikian lantas tidak menggunakan media lain sebagai pendukungnya. Ada media padat yang masih harus digunakan, salah satunya adalah rock wool. Rock Wool adalah materi ramah lingkungan yang dibuat dari bahan bebatuan. Rock wool setelah dipakai tidak bisa digunakan lagi karena akan menyatu dengan akar tanaman.

Dalam sistem hidroponik media rock wool berfungsi sebagai media penopang ketika menanam supaya akar tanaman dapat berpegangan dan menopang batang tanaman agar dapat berdiri dengan kokoh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Media rock wool inilah digunakan mulai saat dilakukan penyemaian tanaman.

Baca Juga:

Mengapa Rockwool Cocok Sebagai Media Tanam Hidroponik ?

Hasil Panen Hidroponik Pingin Melimpah? Begini Cara Pilih Benihnya

Empat Media Semai Tanaman Hidroponik Paling Populer

Seri Cara Menanam Hidroponik: Kapan Tanaman Layak dimasukkan dalam Instalasi Hidroponik?

Kesehatan tanaman berawal dari kesehatan tanaman saat disemai, oleh karena itu perlu diperhatikan saat melakukan penyemaian tanaman agar tanaman sehat. Menyemai tanaman menjadi tantangan tersendiri.

Gagal semai akan mengacaukan rencana panen dan berakibat kerugian
Gagal semai akan mengacaukan rencana panen dan berakibat kerugian

Berikut beberapa tips agar semaian hidroponik bisa sehat dan subur:

1. Pilih benih yang baik

Salah dalam memilih benih akan menjadi petaka. Benih yang baik tidak harus mahal. Ada sebagian petani yang membuat sendiri benih tanaman. Namun apabila Anda tidak mempunyai keahlihan dalam memilih benih lebih baik beli benih di toko pertanian yang biasanya dalam kemasan saset. Jika Anda membeli benih dalam bentuk saset perhatian tanggal kadaluwarsanya.

2. Gunakan Media Semai yang Benar.

Menyemai tanaman yang akan ditanam secara hidroponik ada dua metode, yang pertama benih ditabur di media semai, kemudian setelah cukup umur dipindahkan ke media tanam hidroponik (Rock Wool), yang kedua disemai langsung pada media tanam rock wool.

Beberapa media semai yang bisa digunakan untuk penyemaian tanaman hidroponik yaitu Rockwool, Sekam Bakar, Coco peat, Spon

3. Merawat Semaian Tanaman

Semaian tanaman harus diperhatikan dan dirawat, diantaranya jaga kelembaban media tanam yang sudah ditabur benih, letakkan ditempat redup hingga benih berkecambah, jika sudah berkecambah, kenalkan dengan sinar matahari pagi, jangan lupa dijaga kelembaban media tanamnya

4. Jangan Sampai Terlambat Memindahkan Tanaman ke Insalasi Hidroponik.

Setelah semaian memenuhi syarat untuk dipindahkan ke instalasi hidroponik, segera pindahkan, jangan sampai terlambat. Karena keterlambatan memindahkan semaian akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman. (Slamet Riyanto)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image